Panduan memulai bermain Phantasy Star Online 2 - Part 2

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Setelah kita menentukan Ras, Gender dan Class apa yang akan kita mainkan, sekarang kita akan memulai memainkan game-nya. Untuk teman - teman yang belum menentukan hal tersebut dan masih kebingungan cari referensi tentang sebaiknya pilih yang mana, silakan cek posting sebelum nya, Panduan memulai bermain Phantasy Star Online 2 - Part 1

Untuk menghemat waktu dan agar posting kali ini juga tidak terlalu panjang, beberapa waktu lalu sudah kami buatkan panduan dalam bentuk video. Selain itu juga agar teman - teman nggak terlalu capek membaca panduan dalam bentuk teks, jadi sekalian kita langsung praktek saja 😀.


Berikut adalah detil sebuah Client Order (CO), syarat dan ketentuan sebuah CO dan dimana atau apa saja yang harus kita lakukan untuk menyelesaikan CO tersebut.


Panduan memulai bermain Phantasy Star Online 2 - Part 2
  1. Objective yang harus kita penuhi. Bisa berupa item, title, kill boss / mob dan lain - lain.
  2. Reward atau hadiah yang akan kita dapatkan jika menyelesaikan CO tersebut.
  3. Keterangan syarat dan ketentuan yang harus kita penuhi untuk menyelesaikan CO tersebut.
Kesimpulannya, untuk awal yang sebaiknya kita lakukan adalah menjalankan ARKS Road sampai CO dari NPC Koffie terbuka. Siapa Koffie ini ? Bisa dikatakan Koofie ini adalah NPC paling penting menurut saya. Karena NPC Koffie ibaratnya adalah admin yang memegang semua izin untuk karakter kita. Antara lain izin untuk eksplorasi map, mendapatkan Mag, izin membuka batas maksimum Level, Difficulty dan lain - lain. Sebagai contoh, kita ambil salah satu kemungkinan jika kita tidak menjalankan CO dari Koffie. Anggap saja kita tidak mejalankan CO Level Cap Trial I, maka yang akan terjadi adalah karakter kita tidak akan bisa mencapai level di atas 30, padahal level maksimum saat posting ini dibuat adalah level 80. Maka dari itu, utamakan CO dari Koffie terlebih dahulu saat sudah terbuka.

Selain CO dari Koffie, juga terdapat CO dari NPC lain yang tidak kalah penting, yaitu NPC yang memberikan bonus Skill Point (SP) untuk setiap Class nya. Tapi CO SP bonus ini baru bisa di ambil setelah kita mencapai level tertentu dan juga map yang dibutuhkan untuk menjalankan quest-nya juga sudah terbuka. Jadi membuka map di Koffie juga merupakan hal yang penting. Maka dari itu silakan aja cek setiap waktu NPC yang memberikan bonus SP tersebut. Mana saja NPC nya, antara lain :
  • Ohza, untuk Class Hunter dan Fighter.
  • Marlu, untuk Class Force dan Techer.
  • Lisa, untuk Class Ranger dan Gunner.
  • Azanami, untuk Class Braver.
  • Katori dan Saga, untuk Class Bouncer.
  • Pietro, untuk Class Summoner.
  • Stratos, untuk Advance Class Hero.

Untuk posisi nya, bisa juga di lihat pada video panduan diatas.

Sedikit saran untuk teman - teman, untuk memudahkan bertanya jika mungkin ada kesulitan atau hal yang belum diketahui yang berkaitan dengan PSO2 ini, ada baik nya jika teman - teman bergabung dengan sebuah tim. Tim mana saja bebas, bisa tim Indo atau pun tim Internasional asalkan tidak ada kendala dalam berkomunikasi. Atau jika berminat bisa juga bergabung dengan tim ini 😀.

Sekian posting kali ini, semoga bermanfaat, dan sampai jumpa pada posting tips PSO2 yang lain nya, terima kasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Comments