Cara menaikkan Grind Cap Weapon NT di PSO2JP

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Setelah sekian lama tidak update blog, pada kesempatan kali ini kami akan membahas bagaimana cara menaikkan Grind Cap Weapon NT di Phantasy Star Online 2 JP. Bertepatan juga karena kemarin ada salah satu member baru 『 鬼父 』 yang menanyakan topik yang akan kita bahas kali ini. Jadi sekalian untuk menambah arsip blog ini 😀.

Sebelumnya mungkin saja ada yang belum tahu, ada 2 jenis senjata di Phantasy Star Online 2 JP, yaitu Weapon OT (Old Type) dan Weapon NT (New Type). Biarpun terkadang nama sebuah senjata sama, belum tentu tipe senjatanya sama, perbedaan yang paling mencolok adalah, untuk Weapon NT selalu terdapat teks NT di belakang nama senjatanya. Sebagai contoh "Austere Galland" berarti senjata tersebut adalah tipe Weapon OT, sedangkan jika namanya "Austere Galland-NT" sudah pasti senjata tersebut adalah tipe Weapon NT. Bentuk kedua senjata tersebut pun sama, namun tipenya yang membedakan keduanya. Selain itu biasanya untuk nama senjata yang sama, tipe NT akan mempunyai Base Attack yang lebih besar dari versi OT nya. Jika mengambil senjata diatas sebagai contoh, jika Austere Galland OT dan Austere Galland-NT sama - sama di upgrade ke level maksimalnya, Austere Galland-NT akan mempunyai Base Attack yang lebih besar dari Austere Galland OT.

Namun nama juga belum tentu bisa menjadi cara untuk mengenali senjata tersebut bertipe OT atau NT. Terkadang biarpun tidak terdapat teks NT dibelakang nama sebuah senjata, namun senjata tersebut bertipe NT. Cara yang paling gampang untuk mengetahui tipe sebuah senjata adalah dengan melihat deskripsi dari senjata tersebut. Jika pada deskripsi senjata tersebut terdapat Grind EXP, berarti senjata tersebut bertipe NT. Berikut screenshot senjata NT yang tidak mempunyai teks NT pada namanya.

Cara menaikkan Grind Cap Weapon NT di PSO2JP

Grind Cap atau Grind Capability adalah batas maksimal sebuah senjata untuk bisa di mutakhirkan (upgrade), dan mekanisme Grind Cap ini hanya terdapat pada senjata tipe NT. Sedangkan senjata tipe OT tidak memiliki Grind Cap. Untuk Grind Cap sebuah Weapon NT saat artikel ini dibuat adalah 35. Cara mengetahui sebuah senjata sudah di upgrade atau belum, bisa kita lihat dari namanya juga. Untuk Weapon OT maksimal upgrade nya adalah +10 Potential Lv.3 (+30), karena untuk membuka Potential Lv.3 membutuhkan upgrade ke +10 sebanyak 3 kali, sedangkan untuk Weapon NT adalah +35 dan level Potential nya terbuka otomatis setiap +10 (+10 Potential Lv.1, +20 Potential Lv.2, +30 Potential Lv.3). Sebagai sedikit tambahan, Potential adalah kemampuan unik setiap senjata di PSO2JP. Berikut screenshot senjata OT yang sudah di upgrade ke level maksimalnya.

Cara menaikkan Grind Cap Weapon NT di PSO2JP

Kita kembali lagi pada topik yang akan kita bahas kali ini yaitu cara menaikkan Grind Cap Weapon NT. Dan sebagai catatan disini kami menggunakan Weapon NT dengan rarity *13 keatas sebagai contoh, karena kami asumsikan nantinya senjata yang akan di naikkan Grind Cap nya, tujuannya untuk digunakan. Secara default sebuah Weapon NT akan memiliki Grind Cap 30, dan tidak akan ada Weapon NT yang mempunyai Grind Cap dibawah 30. Senjata dengan rarity *13 dengan Grind Cap 30 biasanya kita dapatkan dengan menukarkan item tertentu di NPC. Namun jika kita mendapatkan senjata tersebut dari drop pada Quest tertentu, biasanya bisa lebih dari 30, bisa jadi 31, 32, 33, 34. Namun untuk Weapon dengan rarity *14 keatas sudah pasti Grind Cap nya akan maksimal di 35. Sesuai dengan apa yang sudah kami sampaikan diatas, jika kita memiliki sebuah senjata dengan Grind Cap 30, maka kita hanya bisa menaikkan level senjata tersebut sampai +30 saja. Untuk cara melihat berapa Grind Cap pada senjata NT kita, bisa dilihat pada deskripsi senjata kita, tepatnya pada tab kedua deskripsi senjatanya.

Cara menaikkan Grind Cap Weapon NT di PSO2JP

Untuk menaikkan Grind Cap Weapon NT, kita membutuhkan senjata yang sama sebagai tumbal. Selain itu kita akan membutuhkan Lambda Grinder untuk menaikkan Grind Cap sebuah senjata. 1 buah tumbal membutuhkan 1 Lambda Grinder, jadi jika kita mempunyai 5 tumbal, kita akan membutuhkan 5 Lambda Grinder.
Berikut perhitungannya Grind Cap untuk mempermudah.
  • Weapon Cap 30 = Cap +1
  • Weapon Cap 31 = Cap +2
  • Weapon Cap 32 = Cap +3
  • Weapon Cap 33 = Cap +4
  • Weapon Cap 34 = Cap +5
Perhitungan diatas digunakan jika Weapon tersebut kita jadikan tumbal untuk Weapon yang akan kita naikkan Grind Cap nya.
  • [Weapon Utama] + [Tumbal] = [Total Cap yang ditambahkan] > [Hasil]
  • Weapon (30) + 1 Weapon (30) = +1 Cap > Cap 31
  • Weapon (30) + 1 Weapon (31) = +2 Cap > Cap 32
  • Weapon (30) + 1 Weapon (32) = +3 Cap > Cap 33
  • Weapon (31) + 1 Weapon (32) = +3 Cap > Cap 34
  • Weapon (31) + 1 Weapon (33) = +4 Cap > Cap 35
  • Weapon (32) + 1 Weapon (32) = +3 Cap > Cap 35
  • Weapon (30) + 5 Weapon (30) = +5 Cap > Cap 35
Selain itu, untuk menghindari kerja 2 kali, hal lain yang sebenarnya perlu diperhatikan saat menaikkan Grind Cap sebuah senjata adalah Element senjata tersebut juga. Jadi usahakan, kita maksimalkan juga Element senjata yang akan kita naikkan Cap nya. Batas maksimal Element di Weapon NT adalah 60. Dan untuk menaikkan Element, kita membutuhkan tipe senjata yang sama dan rarity sama. Jika tipe senjata kita Katana *13, maka tumbal yang dibutuhkan juga harus bertipe Katana *13 agar Element juga ikut naik. Jika Weapon Utama tipe Katana, sedangkan tumbal bertipe Rifle, maka Element nya tidak akan bertambah, begitu juga jika rarity nya berbeda. Berikut perhitungannya.
  • Weapon sama + Element sama = Element dari masing - masing senjata ditambahkan
  • Weapon sama + Element beda = Element +10
  • Weapon beda + Element beda / sama = Element +1
    Contoh :
  • [Katana] Austere Galland-NT (Ele Light 38) + [Katana] Austere Galland-NT (Ele Light 22)
    Ele 38 + Ele 22 = Ele 60
  • [Katana] Austere Galland-NT (Ele Light 38) + [Katana] Austere Galland-NT (Ele Dark 21)
    Ele 38 + Ele (+10) > Ele 48
  • [Katana] Austere Galland-NT (Ele Light 38) + [Katana] Gix Pashto (Ele Light 21)
    Ele 38 + Ele (+1) > Ele 39
Setelah bahan - bahan yang diperlukan siap, kita bisa menaikkan Grind Cap senjata kita di Item Lab Attendant, tepatnya di Shop Area lantai pertama sebelah kiri. Untuk block genap NPC nya bernama Monica, sedangkan block ganjil bernama Dudu. Dan berikut kami buatkan video singkat cara menaikkan Grind Cap Weapon NT.


Sekian posting kali ini, semoga bisa bermanfaat, terima kasih 😀.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Comments